Materi Kuliah Teknik Industri : Pengantar Ekonomi

Assalmu’alaikum wr wb

Kali ini aku mau nge-share ppt mata kuliah Pengantar Ekonomi nihhhh yeyyy

Sebenernya PPT ini juga bakal temen-temen temui di blog-blog lan dan mungkin lebih lengkap, namun gapapa deh, aku share disini juga, hitung-hitung biar blogku sedikit berisi dan bermutu hehehe

Ngomong-ngomong, PE ini adalah salah satu mata kuliah yang aku suka. Dosennya juga asyik…. Kuy langsung d download ajaa yaaa

Semoga bermanfaat 🙂

The Scope and Method of Economics

The Economic Problem : Scarcity and Choice

Demand, Supply and Market Equillibrium

The Price System, Demand and Supply, and Elasticity

Household Behavior and Consumer Choice

 

Selain PPT dosen aku juga memakai buku Teori-teori Ekonomi karangan Case & Fair yang kupinjam di Perpustakaan Pusat UB.

Selamat menyantap asyiknya ilmu ekonomi 🙂

Materi Kuliah Teknik Industri : FISIKA II

Assalamu’alaikum wr wb

Haloo teman-teman. Kali ini aku bakal ngeshare Materi Kuliah Fisika II Teknik Indusri Universitas Brawijaya. Ini adalah materi-materi yang kupelajari selama kurang lebih setengah semester ini. Materi ini sangat menarik dan membuatku makin cintaaaa aaaaaa…

Okee langsung download ajaaa yaaaa. Semoga bermanfaat 🙂

1. Temperatur dan Kalor

2. PERPINDAHAN PANAS

4 dan 5 Hk,ke 1TERMODINAMIKA

KONSEP PANAS DLL

Lanjutan Pemuaian

Tips Ikut UTUL UGM

Pelajari soal UTUL tahun lalu

Penting banget. Pengalamanku mengikuti UTUL 2 UGM, hampir sepaaruh soalnya adalah soal2 utul tahun tahun sebelumnya. Jadi bisa dibilang, kalo mau UTUL, minimal kita harus khatamin ngebahas soal-soal UTUL tahun sebelumnya dan paham akan soal-soal tersebut

Jangan tinggalkan konsep.

Jangan hanya terpaku untuk membahas soal-soal sulit, toh di UTUL juga ada beberapa soal mudah yang sayang banget kalo kita ga bisa ngerjain gara-gara ga paham banget sama konsep dasarnya. So. Pahami Konsep itu WAJIB

SBMPTN UGM atau UTUL UGM ?

ujian-masuk-ugm

Helo helo helo

Kebetulan, saat ngecek blog malem ini, aku menemukan sesuatu yang unik di search-term blogku, dimana ternyata ada yang nge-googling dengan kata kunci ‘Pilih UTUL atau SBMPTN UGM’

Hem…. kira-kira pilih yang mana yaaa ?? hehe

Pilih dia aja bisa ngga ??

Eh…. fokus…fokus…

Sebenarnya aku juga ngga bisa dibilang pakar dalam hal ini, namun aku hanya ingin berbagi pengalaman dan sharing-sharing dikit mengenai hal ini karena kebetulan tahun lalu aku mengikuti SBMPTN (dan memilih UGM sebagai tujuanku) dan UTUL UGM.

Maklum… UGM saat itu harga mati. Hehe…

Walau pada akhirnya yang ada dipikiranku bukan lagi ‘UGM harga mati’ melainkan ‘PTN harga mati’

If you know what i mean lah hehehehe

Oke. Kembali ke topik….

Jadi…. Pilih SBMPTN UGM atau UTUL UGM ?

Mana sih yang lebih mudah ? SBMPTN dan milih UGM, atau UTUL UGM ?

Gaada yang lebih mudah,, dua-duanya susaah hiks 😦

Hehe gadeng, bercanda, dua-duanya bakal terasa mudah kok kalo kita rajin belajar 🙂

Aku sharing pengalamanku tahun lalu yaa 🙂

Jadi, tahun lalu itu pas SBMPTN pilihan pertamaku adalah Teknik Industri UGM, Teknik Industri UNS dan Biologi UGM. Sedangkan di UTUL UGM (UTUL 1), aku milih Teknik Industri, Farmasi, dan Biologi.

Bagiku waktu itu, Teknik Industri UGM harga mati, kalo emang gabisa di UGM, setidaknya Teknik Industri di PTN lain deeh (walau pada saat itu aku masih gamau memikirkan kemungkinan bakal ga lolos di TI UGM hehe) sehingga selain UTUL, aku juga ngikutin UM UNDIP, SM UNS, SPMK UB dan Mandiri ITS.

So, ketika kamu emang niat banget masuk TI UGM contohnya, kalo aku pribadi sih mikirnya aku harus mengikuti segala cara buat bisa dapetin TI UGM itu, baik itu lewat SBMPTN maupun UTUL, ga peduli katanya SBM lebih susah, jadi pas milih SBM yang prodinya kira2 lebih mudah aja, biar kalo lolos ada cadangan, atau sebaliknya, karena katanya UTUL lebih mudah, jadi ikut UTUL aja.

Ga ga ga .

Lagian kita gabisa menilai sesuatu hanya dengan modal “katanyaa…”, ” kata temennya”, kata temen temennya…” dan kawan-kawannya.

“kalo kata hatinya boleh ngga ?”

Holoh holoh ;(

Lagian, kita ngga tau kan seberapa besar tepatnya peluang kita ketika milih prodi A di univ B secara pastinya.

Loh, kan ada passing grade ??

Hehe, menurutku kita juga ngga bisa terlalu terpaku passing grade, karena nilai passing grade itu berasal dari data tahun sebelumnya dan belum tentu bisa relevan dengan tahun berikutnya mengingat minat tiap orang beda-beda, tipe soal juga beda dikit dari sebelumnya, dan banyak lagi faktor yang membuat adanya perbedaan minat seseorang terhadap suatu prodi di univ tertentu.

Contohnya, tahun lalu yang minat prodi A di univ X ada 1000-an orang dan passing gradenya adalah 90% (kurang tinggi ya? hehe, gapapa deh kan cuma contoh).

Nah, tahun berikutnya, pendaftar di prodi dan univ tersebut hanya sekitar 100-an karena banyak yang nyerah ketika ngeliat passing grade yang tinggi banget itu, alhasil ? bisa jadi passing gradenya turun, atau kemungkinan lainnya.

So… apa cara pasti agar lolos di prodi dan univ yang kita inginkan ?

Belajar. Belajar. Belajar..

Dan jangan lupa berdoa. beribadah. karena percuma ketika kita berusaha keras namun kita tidak mendekatkan diri pada sang pemutus takdir.

AzeQ. Serasa kayak lagi ngisi kajian wkwk.

Belajar..

Klise memang,. Tapi ya emang gitu. Jujur dulu2 aku tuh terlalu sibuk menganalisis ini itu entah itu peluangku masuk di prodi X, Y, Z di univ A, B, C, sampe-sampe jadi lupa belajar.

Engga lah, bukan lupa belajar, ya mungkin bisa dibilang kurang maksimal.

Kenapa ? Mungkin karena aku TAKUT kali yaa…. hehehehe…

Takut banget malah, serasa bila ngga dapet sesuai yang kuharapkan, aku lebih baik mati aja,,, hehe

Hehe, engga deh, ngga sealay itu, walau ada saat dimana pernah ngerasain yang kaya gitu.

Tapi Alhamdulillah Allah masih memberiku kesempatan untuk merasakan belajar di jurusan yang kuinginkan, walau bukan di Univ yang kuharapkan. Dan kondisiku ?

Alhamdulillah aku ngga stress lalu loncat bunuh diri dari lantai 7 Gbti kok hehehe 🙂

Oh iya, aku cuma mau ngasih kata-kata. Mungkin lebih tepatnya curahan hati. Khususnya buat kamu yang lagi galau bingung milih jurusan dan Univ.

Ketika nantinya kamu lulus di jurusan dan Univ yang kamu harapkan, Selamat ya.  Jangan lupa bersyukur, bersyukur dan bersyukur. Banyak banget orang yang pengen seperti kamu namun ngga kesampean. Jangan terlalu berpuas diri juga, bisa jadi itu anugerah, bisa jadi juga itu sebuah cobaan, cobaan apakah kamu masih tetap memiliki tekad yang kuat ketika Tuhan telah mengabulkan permintaanmu. Itu bukan final, namun masih awal. Karena nantinya di akhirat kamu ga bakal ditanya dimana kamu lulus dan jurusan apa, namun yang ditanya adalah “seberapa banyak kamu memberikan manfaat pada orang lain ?”. Ketika kamu lagi males, bosan, atau sebagainya, ingatlah lagi pada awal dimana kamu berjuang mati-matian untuk mendapatkan apa yang kamu capai saat ini. Masih banyak yang belum beruntung seperti kita. So, janganlah merasa cukup bila itu terkait menunut ilmu, karena ilmu itu semakin dipelajari semakin haus lah kita karena menyadari bahwa banyak sekali ilmu yang belum kita ketahui.

Namun, bila kamu ngga lulus baik itu di Univ yang kamu inginkan maupun di jurusan yang kamu inginkan…. Ambil hikmah dari itu semua. Tuhan tidak memberikan apa yang kamu inginkan, namun Dia memberikan apa yang kamu butuhkan. Boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu buruk bagimu, boleh jadi pula kamu tidak menyukai sesuatu padahal itu baik bagimu. Selalu positif thinking dan besyukur. Sekali lagi, bersyukur, masih banyak yang malah ngga punya kesempatan buat kuliah, kenapa kita yang udah punya kesempatan malah menyianyiakannya begitu saja ?

Betewe sekia deh yaa sharingku pada malam hari ini. Sekali lagi ini hanya pemikiranku, ambil baiknya, dibuang buruknya yaaaa.

Maaf bila ada salah kata. Wassalamualaikum wr wb. 🙂

 

 

 

Dari Teknik : Bangun Jogja, Majukan Indonesia, Genggam Dunia Dari Teknik, Membangun Jogja untuk Indonesia Menuju Pentas Dunia

Dari Teknik :

Bangun Jogja, Majukan Indonesia, Genggam Dunia

Dari Teknik, Membangun Jogja untuk Indonesia Menuju Pentas Dunia

 

Bukanlah sebuah hal yang krusial jika dikatakan bahwa mahasiswa adalah agen perubahan bagi bangsa ini. Ketika kita menjadi mahasiswa, diharapkan kita akan menjadi lebih dewasa dan memiliki pola pikir yang lebih luas dibandingkan ketika kita berada di jenjang sebelumnya. Menjadi mahasiswa membuat kita membuka mata pada dunia bahwa banyak sekali hal yang harus diperjuangkan dalam hidup ini. Beban kita tak lagi sebatas tugas kelompok dan bejibun pekerjaan rumah seperti di SMA dahulu. Beban kita lebih besar dari itu : bagaimana kita bisa berkontribusi untuk memajukan bangsa ini ?

Sebelum menjadi mahasiswa, pasti kita akan dihadapkan pada sejuta pilihan. Mulai dari pilihan universitas, jurusan, unit kegiatan mahasiswa, tempat kos, tempat makan, dan lain-lain ( asal bukan tempat menambatkan hati aja sihL). Pastinya membutuhkan waktu yang lama untuk menentukan pilihan diantara berbagai pilihan tersebut mengingat pilihan itulah yang nantinya akan membawa kita ke masa depan. Namun lagi-lagi kita harus mengingat suatu hal : bagaimana pilihan kita nantinya dapat membantu kita untuk menyelesaikan permasalahan di negeri ini ?

Terkadang banyak yang berpikir bahwa menjadi mahasiswa itu lebih gampang. Namun tak selamanya pemikiran tersebut benar. Bagaimana bisa dibilang bahwa menjadi mahasiswa lebih menyenangkan daripada duduk di bangku SMA sedangkan diluar sana negeri ini masih dipenuhi berbagai permasalahan dan butuh solusi dan kontribusi dari para pemudanya ? PR kita ternyata lebih dari sekedar membuat makalah dengan sumber mbah google yang bisa selesai barang sekejap.

Indonesia memiliki ribuan pulau. Memiliki potensi alam yang melimpah tak kalah dari negeri lainnya yang sudah lebih maju. Namun sumber dayaya masih kurang dibandingkan negara maju lainnya. luasnya Indonesia menjadi berkah sekaligus musibah bagi kitasendiri. Akan jadi berkah bila potensi itu dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya demi kemajuan bangsa. Namun akan jadi musibah bila kita tidak dapat memanfaatkannya dengan baik. Pada akhirnya banyak potensi negeri kita yang justru dikuasai oleh orang asing.

Saat inilah peran para pemuda dibutuhkan. Jangan salahkan pemerintah yang membiarkan banyaknya sumber daya alam kita yang dikuasai pihak asing. Jangan salahkan pihak asing yang membodoh-bodohi kita dengan memanfaatkan kekurangan kita. Tanyakan pada diri kita sendiri. sudah seberapa besar kontribusi kita untuk Indonesia sampai saat ini ?

Menjadi mahasiswa sama dengan menjadi agen penting dalam perubahan Indonesia yang lebih baik. Mahasiswa sudah harus punya tujuan akan jadi apa ia kedepannya. Kettika menentukan tujuan masa depan, hendaknya para mahasiswa tidak memikirkan jabatan dan materi. Namun pikirkanlah tentang negeri ini.