Resolusi 1439 H

Assalamu’alaikum wr wb

Helo temen-temen blogku yang baik budiman, apakabar ?

huaa pasti udah pada rindu kan ya nungguin postinganku beberapa bulan terakhir??

Maapin yaak, jadwalku emang rada padat, maklum orang sibuQ

Ada konser

Tour 10 benua

nge MC dimana-mana

gala dinner dengan tokoh-tokoh ternama

ngisi acara disana sini…

dan…

CUKUP

oke cukup.

Maap yak alay. efek mau quiz statistika industri jadi kaya gini dah gua hehe.

.
Bismillah

okeee, di pagi hari yang cerah ini, aku ingin membuat Resolusi di tahun 1439 Hijriah ini …

A to the Ziq

Apa aja resolusinya ?? kuy cekidot

1 . Qurban 1 Kambing / sepertujuh sapi

Motivasi ini muncul ketika aku mengikuti kepanitiaan Bakti Sosial Idul Adha (BALADA) di Al Hadiid, dimana ngerasa gimana gitu ketika ngajakin orang buat Qurban, tapi aku sendiri sebagai panitia belum bisa qurban, cuma bisa ikut patungan sedekah doang. aku sadar, mungkin persiapanku juga yang kurang mateng dalam menghadapi hari raya Idul Adha, mungkin dari sana, aku bisa belajar untuk mempersiapkan hari raya Idul Adha di tahun selanjutnya dengan menabung uang sedikit demi sedikit agar nanti bisa kebeli 1 kambing buat makan sehari-hari, eh salah, buat di qurban-in maksudnya ya.

2 . Sebentar ya mikir dulu, kira2 apalagi yaw resolusinya

 

 

Advertisements

Dunia ini

Dunia ini keras sayang…

tak perlu lah kau bawa air mata itu kemana-mana

jangan hadapi semua pakai hati

karena tak semuanya butuh itu

 

Dunia ini keras sayang…

jangan kau anggap seperti negeri dongeng

dimana selalu ada akhir bahagia

lantas kau berperan bak tokoh utamanya

 

Dunia ini keras oh sayangku

jangan terlalu pakai hati

nanti kau sendiri yang terlukai

 

Dunia ini keras.. sekali lagi sayangku

jangan lah terus bermimpi

fokuslah pada visi

enyahkan segala galau di diri

 

Kau sudah tau kan apa yang akan kukatakan lagi ?

Ya, Dunia ini keras. Maka bergegas bangunlah sayang.

 

Malang, 1 Agustus 2017

Selamat Ulang Tahun yang ke-1 Blog Ku :)

44850b3b26d4a0af011fdf8b17c4bffa

Ngga terasa udah satu tahun aja umur blog ku ini..

Ngga terasa ? hehe.. iya sih, kan jarang update blog, makanya ngga kerasa.

Pertama-tama, aku mengucapkan banyak-banyak-banyak terimakasih kepada pengunjung blogku yangย  rata-rata awalnya hanya sekitar 30-an pengunjung sampai akhirnya lumayan nambah sampai sekarang, khususnya di bulan Mei, dimana pengunjung blog ini mencapai 14.9 K. Terimakasih banyak ya ๐Ÿ™‚

Untitled

Selain mengucapkan terimakasih, aku juga memohon maaf kepada pengunjung blogku karena dalam satu tahun ini tidak begitu banyak menghasilkan postingan-postingan yang bermanfaat, jujur aku senang sekaligus sedih melihat pengunjung blogku yang lumayan banyak. Senang karena yaaa karena siapa juga sih yang ga senang kalo blog nya dibaca banyak orang,, hehe. Namun aku juga sedih, sedih karena mungkin tidak banyak hal bermanfaat yang bisa diambil di blog ini hiks hiks *nangis di pojokan

Aku juga minta maaf apabila banyak temen-temen yang menghubungiku lewat line namun aku balesnya kelamaan bahkan mungkin ngga kubales, karena akhir-akhir ini aku suka nge-reset line hehehe. maafkeun :”)

Namun jujur, banyaknya pengunjung blog ini membuatku termotivasi untuk terus menulis dan menulis. Terimakasih yaaaa untuk semuanya ๐Ÿ™‚

Semoga dengan bertambahnya umur blogku ini, menjadi pengingat bagi diriku sendiri untuk tetap semangat dan terus semangat serta istiqamah dalam menerbarkan kebaikan lewat tulisan.

Salam sayang,

Debby

ssssss

(Pengunjung blog Debby beberapa bulan terakhir, terimakasih untuk 21.935 visitors dan 35.329 viewers ^^ )

Mungkin memang jumlahnya ngga sebanyak blog-blog lain, namun, bahagia itu sederhana kan? Kebahagian bisa didapat dari hal-hal kecil sekalipun, yuk bersyukurย  ๐Ÿ™‚

 

 

SBMPTN UGM atau UTUL UGM ?

ujian-masuk-ugm

Helo helo helo

Kebetulan, saat ngecek blog malem ini, aku menemukan sesuatu yang unik di search-term blogku, dimana ternyata ada yang nge-googling dengan kata kunci ‘Pilih UTUL atau SBMPTN UGM’

Hem…. kira-kira pilih yang mana yaaa ?? hehe

Pilih dia aja bisa ngga ??

Eh…. fokus…fokus…

Sebenarnya aku juga ngga bisa dibilang pakar dalam hal ini, namun aku hanya ingin berbagi pengalaman dan sharing-sharing dikit mengenai hal ini karena kebetulan tahun lalu aku mengikuti SBMPTN (dan memilih UGM sebagai tujuanku) dan UTUL UGM.

Maklum… UGM saat itu harga mati. Hehe…

Walau pada akhirnya yang ada dipikiranku bukan lagi ‘UGM harga mati’ melainkan ‘PTN harga mati’

If you know what i mean lah hehehehe

Oke. Kembali ke topik….

Jadi…. Pilih SBMPTN UGM atau UTUL UGM ?

Mana sih yang lebih mudah ? SBMPTN dan milih UGM, atau UTUL UGM ?

Gaada yang lebih mudah,, dua-duanya susaah hiks ๐Ÿ˜ฆ

Hehe gadeng, bercanda, dua-duanya bakal terasa mudah kok kalo kita rajin belajar ๐Ÿ™‚

Aku sharing pengalamanku tahun lalu yaa ๐Ÿ™‚

Jadi, tahun lalu itu pas SBMPTN pilihan pertamaku adalah Teknik Industri UGM, Teknik Industri UNS dan Biologi UGM. Sedangkan di UTUL UGM (UTUL 1), aku milih Teknik Industri, Farmasi, dan Biologi.

Bagiku waktu itu, Teknik Industri UGM harga mati, kalo emang gabisa di UGM, setidaknya Teknik Industri di PTN lain deeh (walau pada saat itu aku masih gamau memikirkan kemungkinan bakal ga lolos di TI UGM hehe) sehingga selain UTUL, aku juga ngikutin UM UNDIP, SM UNS, SPMK UB dan Mandiri ITS.

So, ketika kamu emang niat banget masuk TI UGM contohnya, kalo aku pribadi sih mikirnya aku harus mengikuti segala cara buat bisa dapetin TI UGM itu, baik itu lewat SBMPTN maupun UTUL, ga peduli katanya SBM lebih susah, jadi pas milih SBM yang prodinya kira2 lebih mudah aja, biar kalo lolos ada cadangan, atau sebaliknya, karena katanya UTUL lebih mudah, jadi ikut UTUL aja.

Ga ga ga .

Lagian kita gabisa menilai sesuatu hanya dengan modal “katanyaa…”, ” kata temennya”, kata temen temennya…” dan kawan-kawannya.

“kalo kata hatinya boleh ngga ?”

Holoh holoh ;(

Lagian, kita ngga tau kan seberapa besar tepatnya peluang kita ketika milih prodi A di univ B secara pastinya.

Loh, kan ada passing grade ??

Hehe, menurutku kita juga ngga bisa terlalu terpaku passing grade, karena nilai passing grade itu berasal dari data tahun sebelumnya dan belum tentu bisa relevan dengan tahun berikutnya mengingat minat tiap orang beda-beda, tipe soal juga beda dikit dari sebelumnya, dan banyak lagi faktor yang membuat adanya perbedaan minat seseorang terhadap suatu prodi di univ tertentu.

Contohnya, tahun lalu yang minat prodi A di univ X ada 1000-an orang dan passing gradenya adalah 90% (kurang tinggi ya? hehe, gapapa deh kan cuma contoh).

Nah, tahun berikutnya, pendaftar di prodi dan univ tersebut hanya sekitar 100-an karena banyak yang nyerah ketika ngeliat passing grade yang tinggi banget itu, alhasil ? bisa jadi passing gradenya turun, atau kemungkinan lainnya.

So… apa cara pasti agar lolos di prodi dan univ yang kita inginkan ?

Belajar. Belajar. Belajar..

Dan jangan lupa berdoa. beribadah. karena percuma ketika kita berusaha keras namun kita tidak mendekatkan diri pada sang pemutus takdir.

AzeQ. Serasa kayak lagi ngisi kajian wkwk.

Belajar..

Klise memang,. Tapi ya emang gitu. Jujur dulu2 aku tuh terlalu sibuk menganalisis ini itu entah itu peluangku masuk di prodi X, Y, Z di univ A, B, C, sampe-sampe jadi lupa belajar.

Engga lah, bukan lupa belajar, ya mungkin bisa dibilang kurang maksimal.

Kenapa ? Mungkin karena aku TAKUT kali yaa…. hehehehe…

Takut banget malah, serasa bila ngga dapet sesuai yang kuharapkan, aku lebih baik mati aja,,, hehe

Hehe, engga deh, ngga sealay itu, walau ada saat dimana pernah ngerasain yang kaya gitu.

Tapi Alhamdulillah Allah masih memberiku kesempatan untuk merasakan belajar di jurusan yang kuinginkan, walau bukan di Univ yang kuharapkan. Dan kondisiku ?

Alhamdulillah aku ngga stress lalu loncat bunuh diri dari lantai 7 Gbti kok hehehe ๐Ÿ™‚

Oh iya, aku cuma mau ngasih kata-kata. Mungkin lebih tepatnya curahan hati. Khususnya buat kamu yang lagi galau bingung milih jurusan dan Univ.

Ketika nantinya kamu lulus di jurusan dan Univ yang kamu harapkan, Selamat ya.ย  Jangan lupa bersyukur, bersyukur dan bersyukur. Banyak banget orang yang pengen seperti kamu namun ngga kesampean. Jangan terlalu berpuas diri juga, bisa jadi itu anugerah, bisa jadi juga itu sebuah cobaan, cobaan apakah kamu masih tetap memiliki tekad yang kuat ketika Tuhan telah mengabulkan permintaanmu. Itu bukan final, namun masih awal. Karena nantinya di akhirat kamu ga bakal ditanya dimana kamu lulus dan jurusan apa, namun yang ditanya adalah “seberapa banyak kamu memberikan manfaat pada orang lain ?”. Ketika kamu lagi males, bosan, atau sebagainya, ingatlah lagi pada awal dimana kamu berjuang mati-matian untuk mendapatkan apa yang kamu capai saat ini. Masih banyak yang belum beruntung seperti kita. So, janganlah merasa cukup bila itu terkait menunut ilmu, karena ilmu itu semakin dipelajari semakin haus lah kita karena menyadari bahwa banyak sekali ilmu yang belum kita ketahui.

Namun, bila kamu ngga lulus baik itu di Univ yang kamu inginkan maupun di jurusan yang kamu inginkan…. Ambil hikmah dari itu semua. Tuhan tidak memberikan apa yang kamu inginkan, namun Dia memberikan apa yang kamu butuhkan. Boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu buruk bagimu, boleh jadi pula kamu tidak menyukai sesuatu padahal itu baik bagimu. Selalu positif thinking dan besyukur. Sekali lagi, bersyukur, masih banyak yang malah ngga punya kesempatan buat kuliah, kenapa kita yang udah punya kesempatan malah menyianyiakannya begitu saja ?

Betewe sekia deh yaa sharingku pada malam hari ini. Sekali lagi ini hanya pemikiranku, ambil baiknya, dibuang buruknya yaaaa.

Maaf bila ada salah kata. Wassalamualaikum wr wb. ๐Ÿ™‚

 

 

 

Minggu Pertama Semester Dua >_<

Assalamu’alaikum wr wb

Halooo teman-teman, wah udah genap seminggu nih kuliah, kali ini aku ingin bercerita tentang minggu pertamaku kuliah di semester dua ini.

Kuliah semester dua ini dimulai pada tanggal 20 Februari 2016. For the first time, aku menjalani kuliah dengan sistem SKS yeayy…

Mata Kuliah apasajakah yang akan ku hadapi di semester ini ??? Jreng Jreng Jrengggggg

  1. Fisika (2 SKS + 1 SKS praktikum)

Untuk Fisika, aku kembali diajar oleh Pak Choiri dan Bu Dwii yeaayyyy asyikkk…Aku seneng bangettt..Beliau-beliau adalah dosen fisikaku disemeter lalu. Materi fisika yang akan kupelajari seperti Kalor, Termodinamika, Gelombang Bunyi, Hukum Coloumb, Medan Listrik, Potensial, Arus Hambatan dan Hukum Ohm, Daya Listrik, Medan Magnet, dan kawan-kawannya.

2. Pengantar Ekonomika (2 SKS)

Kalo matkul Pengantar Ekonomika dosennya adalah Pak Radit dan Pak Suluh. Untuk materi ini aku excited bangeettt, menurutku ilmu ekonomi adalah ilmu yang juga penting dipelajari oleh setiap orang, tidak hanya orang-orang yang kuliah di soshum saja, toh setiap aktivitas kita sehari-hari juga erat kaitannya dengan ilmu ekonomi.

Oh iya, untuk matkul ini, aku menggunakan banyak buku referensi, salah satunya buku ini :

 

Imut ya covernya hehehe… awalnya aku sempat salah mengira bahwa judulnya adalah Case Fair, eh ternyata judulnya “Teori-Teori Ekonomi” hehehe *yak *garingsih sebenernya

3. Biologi

Hari selasa aku belajar Biologi bersama Bu Dewi. Teknik ada biologi ?? Hoho iya dongss.. mantep kan ??. Biologi yang akan kupelajari ini lebih menjurus ke materi-materi yang mendukung di matkul ergonomi nanti. Lagi-lagi rasanya aku semangattt banget, kebetulan sebelumnya aku juga pernah berinteraksi dengan bu Dewi saat mengerjakan proposal PKM, beliau baik bangett, sabarr, dan ketika beliau menjelaskan rasanya paham gitu.

4. Statika Struktur

Selain Biologi, hari selasa aku juga belajar Statika Struktur bersama Pak Himawan. Beliau juga dosen Menggambar Teknik ku di semester lalu. Beliau ramah, murah senyum, kalo ngajar berwibawa bangettt.. aku sukaaa.. Statika struktur ini mirip-mirip matkul sipil (ato mungkin lebih tepatnya emang matkul teknik sipil ?).Namun untuk teknik industri dibatasi hanya mempelajari hal-hal statis ajaaa, yaitu hal-hal yang diam, bukan yang bergerak / dinamis.

5. Elemen Mesin

Hari Rabu aku belajar Elmes (singkatannya rada keren-keren gitu ya hihi, kayak nama merek apaa gitu). Dosennya adalah pak Oyong. Beliau santai dan lucuuuuu banget dikelas sehingga materi yang diajarkan lebih masuk ke otak, karena setiap mengingat materi yang beliau ajarkan bakal keinget juga dengan hal-hal lucu yang beliau sampaikan saat kelas.

6. Statistika Industri I

7. Aljabar Linier

8. Proses Manufaktur

Prosman sama pak Himawan laggiiiiiii yeayyyyy..

9. Bahasa Indonesia

10. Pendidikan Agama Islam

Untuk agama di kuliah ini, aku tidak

 

Semangat Semester Duaaaa !!

tumblr_static_tumblr_static_7qtu92fd3bc4koggsgkk4k8c8_640

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tepat tanggal 20 Februari ini, aku resmi memasuki semester kedua kuliah di Universitas Brawijayaaa.. Yeyyy !!

Hari yang spesial ini kuawali dengan makan dua bungkus mie instan rasa soto.

Sip.

Pinter.

Okey. Aku tidak akan menceritakan motivasiku makan mie instan dua bungkus ataupun hal lainnya. Kali ini aku ingin menceritakan tentang apa yang kupikirkan di semester dua ini. Tentunya sebelum sampai ke titik ini, aku harus melewati semester satu yang penuh tantangan dan hambatan.. (lah kok kayak ninja warrior -_-)

Seperti kebanyakan orang yang sedang menjalani sesuatu di awal-awal, pasti bawaannya semangaattt banget, sama halnya sepertiku yang sedang bersemangat sekali di awal semester ini. Namun aku berharap semangat ini tak hanya bertahan beberapa hari kedepan sebelum akhirnya sirna tak berbekas dan menjatuhkanku ke jurang kelam nan suram. Ih ngomong apasih aku hehe.

Hmmm baiklah.. mulai darimana yaa hehehe

Mungkin bisa dimulai dari banyak SKS yang kuambil di semester ini. Di semester genap ini, aku mengambil 21 sks setelah melewati serangkaian konsultasi mulai dari konsultasi ke Dosen PA, orangtua, temen-temen, temen-temen lagi, sampe konsultasi sama pohon di Gazebo FK. (Ah aneh, kenapa mesti pohon di Gazebo FK coba -_-) karena sebelumnya aku pengen ngambil 24 sks. Cerita tentang pergulatan hati mengenai 21 sks atau 24 sks ini mungkin akan kuceritakan lebih lanjut di postingan berikutnya hehehew.. tetap sering-sering nge stalk blogku yaak wkwk

Lalu, apa yang akan kulakukan di semester dua ini ?

Yang pastinya belajar. Meningkatkan IP, seperti wejangan dari dosen PA ku.

Yang kedua, aku kepikiran pengen ikut UKM atau organisasi atau semacamnya. Organisasi yang sudah terencana dalam benakku kali ini adalah Al-Hadiid, yaitu rohis-nya Fakultas Teknik UB. Entah kenapa rasanya aku sukaa ajaa ikut organisasi yang islami-islami gitu, harapannya biar aku bisa berkumpul bersama orang-orang yang kuharap dapat memberikan pengaruh baik padaku dan membimbingku ke jalan yang benar.

Lagian, rasanya asyik gitu ketika kita bisa menyibukkan diri kepada kegiatan-kegiatan yang insyaAllah membawa kita lebih dekat dengan Allah. Misalnya nih ya, kalo aku ikut Al-Hadiid, kemungkinan aku bakal lebih sering ke musholla teknik, dan mungkin bakal lebih sering sholat jamaah disana. Atau misalnya karena aku ikut Al-Hadiid, pastinya aku serasa punya dorongan lebih mengikuti kegiatan keislaman seperti kajian-kajian atau yang lainnya mengingat aku sebagai anggota juga bertanggung jawab pada berjalannya kegiatan yang diadakan disana. #azeekk

Yha setidaknya hal tersebut jauh lebih menguntungkan bagi diriku sendiri ketimbang bila aku gabut ga ikut kegiatan apa-apa. Yang ada aku malah bakal melakukan hal-hal nirfaedah seperti nongkrong-nongkrong makan roti di Indo***** Point (fyi, kebiasan burukku baru-baru ini adalah pergi ke Indopoint sendirian trus ngehabisin uang puluhan ribu -yang harusnya bisa buat beli makan seminggu- cuma buat beli sari roti plus susu kotak yang berpotensi menambah berat badanku berkilo-kilo banyaknya ._.- you know lah makanan di Indopoint harganya yaaa agak agak gimanaa gitu)

Yaps selain organisasi, aku juga ingin ikut UKM olahraga untuk mendukung salah satu resolusiku di tahun 2017 yaitu berat badan turun 20 kg. Mangstappp

Untuk olahraga apa yang pengen kuikuti, aku masih bingung. Aku pengen ikut memanah, pengen ikut badminton juga, pengen karate,,, huaaa semuanya pengen ._.

Wassalam