Perkuliahan Debby

Kuliah Tamu “Prospek Energi Geothermal Indonesia”

Assalamu’alaikum wr wb

Halo teman-teman semuaaaa. kali ini aku ingin menceritakan pengalamanku mengikuti Kuliah Tamu pertama kali dalam hidupku<3

Yaelah deb. Alay ah

Kuliah Tamu yang kuikuti ini asyikkkkk bangettttttt.

Narasumber dari kuliah tamu ini adalah :

  1. Ir. Ali Mundakir, Dipl.Eng., M.Eng
  2. Ir. Singgih Prayitno

 

Advertisements
Perkuliahan Debby

Minggu Pertama Semester Dua >_<

Assalamu’alaikum wr wb

Halooo teman-teman, wah udah genap seminggu nih kuliah, kali ini aku ingin bercerita tentang minggu pertamaku kuliah di semester dua ini.

Kuliah semester dua ini dimulai pada tanggal 20 Februari 2016. For the first time, aku menjalani kuliah dengan sistem SKS yeayy…

Mata Kuliah apasajakah yang akan ku hadapi di semester ini ??? Jreng Jreng Jrengggggg

  1. Fisika (2 SKS + 1 SKS praktikum)

Untuk Fisika, aku kembali diajar oleh Pak Choiri dan Bu Dwii yeaayyyy asyikkk…Aku seneng bangettt..Beliau-beliau adalah dosen fisikaku disemeter lalu. Materi fisika yang akan kupelajari seperti Kalor, Termodinamika, Gelombang Bunyi, Hukum Coloumb, Medan Listrik, Potensial, Arus Hambatan dan Hukum Ohm, Daya Listrik, Medan Magnet, dan kawan-kawannya.

2. Pengantar Ekonomika (2 SKS)

Kalo matkul Pengantar Ekonomika dosennya adalah Pak Radit dan Pak Suluh. Untuk materi ini aku excited bangeettt, menurutku ilmu ekonomi adalah ilmu yang juga penting dipelajari oleh setiap orang, tidak hanya orang-orang yang kuliah di soshum saja, toh setiap aktivitas kita sehari-hari juga erat kaitannya dengan ilmu ekonomi.

Oh iya, untuk matkul ini, aku menggunakan banyak buku referensi, salah satunya buku ini :

 

Imut ya covernya hehehe… awalnya aku sempat salah mengira bahwa judulnya adalah Case Fair, eh ternyata judulnya “Teori-Teori Ekonomi” hehehe *yak *garingsih sebenernya

3. Biologi

Hari selasa aku belajar Biologi bersama Bu Dewi. Teknik ada biologi ?? Hoho iya dongss.. mantep kan ??. Biologi yang akan kupelajari ini lebih menjurus ke materi-materi yang mendukung di matkul ergonomi nanti. Lagi-lagi rasanya aku semangattt banget, kebetulan sebelumnya aku juga pernah berinteraksi dengan bu Dewi saat mengerjakan proposal PKM, beliau baik bangett, sabarr, dan ketika beliau menjelaskan rasanya paham gitu.

4. Statika Struktur

Selain Biologi, hari selasa aku juga belajar Statika Struktur bersama Pak Himawan. Beliau juga dosen Menggambar Teknik ku di semester lalu. Beliau ramah, murah senyum, kalo ngajar berwibawa bangettt.. aku sukaaa.. Statika struktur ini mirip-mirip matkul sipil (ato mungkin lebih tepatnya emang matkul teknik sipil ?).Namun untuk teknik industri dibatasi hanya mempelajari hal-hal statis ajaaa, yaitu hal-hal yang diam, bukan yang bergerak / dinamis.

5. Elemen Mesin

Hari Rabu aku belajar Elmes (singkatannya rada keren-keren gitu ya hihi, kayak nama merek apaa gitu). Dosennya adalah pak Oyong. Beliau santai dan lucuuuuu banget dikelas sehingga materi yang diajarkan lebih masuk ke otak, karena setiap mengingat materi yang beliau ajarkan bakal keinget juga dengan hal-hal lucu yang beliau sampaikan saat kelas.

6. Statistika Industri I

7. Aljabar Linier

8. Proses Manufaktur

Prosman sama pak Himawan laggiiiiiii yeayyyyy..

9. Bahasa Indonesia

10. Pendidikan Agama Islam

Untuk agama di kuliah ini, aku tidak

 

Perkuliahan Debby

Semangat Semester Duaaaa !!

tumblr_static_tumblr_static_7qtu92fd3bc4koggsgkk4k8c8_640

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tepat tanggal 20 Februari ini, aku resmi memasuki semester kedua kuliah di Universitas Brawijayaaa.. Yeyyy !!

Hari yang spesial ini kuawali dengan makan dua bungkus mie instan rasa soto.

Sip.

Pinter.

Okey. Aku tidak akan menceritakan motivasiku makan mie instan dua bungkus ataupun hal lainnya. Kali ini aku ingin menceritakan tentang apa yang kupikirkan di semester dua ini. Tentunya sebelum sampai ke titik ini, aku harus melewati semester satu yang penuh tantangan dan hambatan.. (lah kok kayak ninja warrior -_-)

Seperti kebanyakan orang yang sedang menjalani sesuatu di awal-awal, pasti bawaannya semangaattt banget, sama halnya sepertiku yang sedang bersemangat sekali di awal semester ini. Namun aku berharap semangat ini tak hanya bertahan beberapa hari kedepan sebelum akhirnya sirna tak berbekas dan menjatuhkanku ke jurang kelam nan suram. Ih ngomong apasih aku hehe.

Hmmm baiklah.. mulai darimana yaa hehehe

Mungkin bisa dimulai dari banyak SKS yang kuambil di semester ini. Di semester genap ini, aku mengambil 21 sks setelah melewati serangkaian konsultasi mulai dari konsultasi ke Dosen PA, orangtua, temen-temen, temen-temen lagi, sampe konsultasi sama pohon di Gazebo FK. (Ah aneh, kenapa mesti pohon di Gazebo FK coba -_-) karena sebelumnya aku pengen ngambil 24 sks. Cerita tentang pergulatan hati mengenai 21 sks atau 24 sks ini mungkin akan kuceritakan lebih lanjut di postingan berikutnya hehehew.. tetap sering-sering nge stalk blogku yaak wkwk

Lalu, apa yang akan kulakukan di semester dua ini ?

Yang pastinya belajar. Meningkatkan IP, seperti wejangan dari dosen PA ku.

Yang kedua, aku kepikiran pengen ikut UKM atau organisasi atau semacamnya. Organisasi yang sudah terencana dalam benakku kali ini adalah Al-Hadiid, yaitu rohis-nya Fakultas Teknik UB. Entah kenapa rasanya aku sukaa ajaa ikut organisasi yang islami-islami gitu, harapannya biar aku bisa berkumpul bersama orang-orang yang kuharap dapat memberikan pengaruh baik padaku dan membimbingku ke jalan yang benar.

Lagian, rasanya asyik gitu ketika kita bisa menyibukkan diri kepada kegiatan-kegiatan yang insyaAllah membawa kita lebih dekat dengan Allah. Misalnya nih ya, kalo aku ikut Al-Hadiid, kemungkinan aku bakal lebih sering ke musholla teknik, dan mungkin bakal lebih sering sholat jamaah disana. Atau misalnya karena aku ikut Al-Hadiid, pastinya aku serasa punya dorongan lebih mengikuti kegiatan keislaman seperti kajian-kajian atau yang lainnya mengingat aku sebagai anggota juga bertanggung jawab pada berjalannya kegiatan yang diadakan disana. #azeekk

Yha setidaknya hal tersebut jauh lebih menguntungkan bagi diriku sendiri ketimbang bila aku gabut ga ikut kegiatan apa-apa. Yang ada aku malah bakal melakukan hal-hal nirfaedah seperti nongkrong-nongkrong makan roti di Indo***** Point (fyi, kebiasan burukku baru-baru ini adalah pergi ke Indopoint sendirian trus ngehabisin uang puluhan ribu -yang harusnya bisa buat beli makan seminggu- cuma buat beli sari roti plus susu kotak yang berpotensi menambah berat badanku berkilo-kilo banyaknya ._.- you know lah makanan di Indopoint harganya yaaa agak agak gimanaa gitu)

Yaps selain organisasi, aku juga ingin ikut UKM olahraga untuk mendukung salah satu resolusiku di tahun 2017 yaitu berat badan turun 20 kg. Mangstappp

Untuk olahraga apa yang pengen kuikuti, aku masih bingung. Aku pengen ikut memanah, pengen ikut badminton juga, pengen karate,,, huaaa semuanya pengen ._.

Wassalam

 

Perkuliahan Debby

Asistensi Terakhir

Tepat tanggal 9 Desember lalu, adalah hari terakhir asistensi optimasi yang sudah aku dan teman-teman kelompokku jalani tiga bulan terakhir.

Asistensi ini adalah kegiatan pembinaan seputar akademik maupun non akademik. Asistensi kelompok 2 (kelompokku) didampingi oleh Mas Medi dan Mbak Umi.

Banyak hal yang dibahas di asistensi ini, mulai dari kegiatan akademik seperti mata kuliah dan teman-temannya sampai non akademik. Mas Medi dan Mbak Umi membimbing kami baik dalam menyelesaikan permasalahan seputar kuliah yang mungkin kurang kami pahami, membimbing kami dalam mengerjakan proposal PKM untuk diikutkan di INCREASE (Kompetisi PKM khusus untuk mahasiswa baru jurusan Teknik Industri UB) dan lain-lain. Di asistensi ini, kami juga sempat melakukan kunjungan analisis SWOT ke restoran yang ada di kota Malang dimana kami kebagian tugas untuk mengunjungi Bvgil dan Ice Ah

foto di ice ah

Jujur banyak sekali manfaat yang kudapat dari asistensi ini. Terkadang apa yang di PR kan di asistensi ternyata dipelajari juga di saat kuliah, contohnya di makul Pengantar Teknik Industri, saat itu kelasku ditugaskan membuat bisnis model kanvas dan kami tidak begitu kesulitan mengerjakan tugas tersebut karena sebelumnya kami sudah membahas materi tersebut di kegiatan asistensi.

Ada beberapa peraturan di asistensi ini, namun Alhamdulillah kami belum pernah melanggar peraturan seperti meresume jurnal dan lain sebagainya.

Mas dan mbak asisten juga baik banget. Selalu menasihati kami …

“Tetap dijaga ya semangatnya dek”

Banyak wejangan yang masih kuingat dari mas dan mbak asisten kami

“Target-target yang kalian bilang tadi bagus-bagus semua. Ketika kalian kuliah, kalian harus punya target, dan target yang kalian bilang tadi jangan hanya diucapkan saja namun juga diaplikasikan”

“Ketika kalian menghadapi sesuatu, pikirkan dulu positif dan negatifnya apa, jangan langsung menilai negatif”

“Nah, kalian tau kan, banyak fasilitas di kampus ini, jadi manfaatkan sebaik-baiknya, orangtua kalian kan sudah membiayai kalian kuliah disini, jadi gunakan kesempatan yang ada sebaik mungkin”

“Kalian tetap adik kami, sejelek-jeleknya kalian, kami ga pengen kalian lebih jelek dari kami, kalian harus lebih baik dari kami karena kalian adek kami”

“Kalo ada apa-apa, kami selalu ada buat kalian. Hubungi kami, pasti kami akan membantu”

Ada satu pesan juga dari Mas Medi dan Mbak Umi. Ketika itu, Agung memberikan mengirim pesan pada Mas Medi bahwa salah satu kelompok PKM di kelompok 2, yaitu kelompok ergonomi berhasil meraih juara pertama dalam INCREASE, lalu Mas Medi memberi balasan yang membuat kami terharu

(foto SMS)

Terimakasih Mas Medi dan Mbak Umi yang sudah membimbing kami tiga bulan terakhir ! 🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perkuliahan Debby

Profil Universitas Brawijaya

Sekilas Universitas Brawijaya

Nama Universitas Brawijaya diberikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui surat kawat (telegram) nomor 258/K/61 tanggal 11 Juli 1961. Nama ini berasal dari gelar raja-raja Majapahit yang merupakan kerajaan besar di Indonesia pada abad 12 sampai 15.

Universitas Brawijaya dinegerikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 196 tahun 1963 dan berlaku sejak 5 Januari 1963. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari lahir (Dies Natalis) Universitas Brawijaya.

Sebelumnya, Universitas Brawijaya dikenal masyarakat umum dengan singkatan UNBRA dan kemudian UNIBRAW. Pada rapat Senat Universitas Brawijaya tanggal 17 Maret 2008, UB ditetapkan sebagai singkatan resmi dari Universitas Brawijaya.

Lagu Hymne Brawijaya diciptakan oleh seorang mahasiswa FKHP bernama Yanardhana pada tahun 1963, sedangkan Mars Universitas Brawijaya diciptakan oleh Lilik Sugiarto tahun 1996. Kedua lagu ini masih digunakan sampai sekarang.

Kampus UB berada di kota Malang Jawa Timur, dengan lokasi yang mudah terjangkau oleh kendaraan umum. Kampusnya sangat asri karena banyaknya pepohonan dan ditunjang oleh hawa sejuk kota Malang. Sejarah membuktikan keberadaan Kota Malang sebagai kota pendidikan tempat UB tumbuh dan berkembang pesat. Ini tidak terjadi dengan sendirinya tapi seakan merupakan proses sejarah yang tidak terpisahkan dari kejayaan Jawa Timur di masa lampau.

Saat ini UB merupakan salah satu universitas negeri yang terkemuka di Indonesia yang mempunyai jumlah mahasiswa lebih dari 60 ribu orang dari berbagai strata mulai program Diploma, Program Sarjana, Program Spesialis, Program Magister dan Program Doktor yang tersebar dalam 12 Fakultas, 2 Program setara fakultas (embrio fakultas), 1 Program Vokasi, dan 1 Program Pascasarjana.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi universitas unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional agar peserta didik menjadi manusia yang berkemampuan akademik dan atau profesi atau vokasi yang berkualitas dan berkepribadian serta berjiwa dan/atau berkemampuan entrepreneur
  2. Melakukan pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora dan seni, serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional

Arah Pengembangan

  • Pengembangan UB diarahkan menuju World Class, Entrepreneurial University yang ditetapkan berdasarkan Visi, Misi, dan Tujuan UB
  • Tiga aspek yang menjadi pehatian yaitu membantu upaya pengentasan kemiskinan dan pengangguran, akses pendidikan tinggi dan globalisasi pendidikan.

Tujuan

  • Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan yang luas memiliki disiplin dan etos kerja, sehingga menjadi tenaga akademis dan professional yang tangguh dan mampu bersaing di tingkat internasional
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni guna mendorong pengembangan budaya
  • Membantu pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi

Program Studi Universitas Brawijaya

Sampai saat ini, UB menjadi perguruan tinggi dengan jumlah program studi terbanyak se-Indonesia yaitu dengan jumlah total 148 program studi yang terdiri dari program studi Diploma (D3 & D4), Sarjana (S1), Magister (S2), Spesialis (Sp1), Doktor (S3), dan Profesi.

Lambang Universitas Brawijaya

frame-ub-bt-ala-jpg

Lambang Universitas Brawijaya berbentuk segilima dengan warna dasar hitam, di dalamnya terdapat gambar Raden Wijaya (Prabu Brawijaya) berwarna kuning emas, sebagai penjelmaan Dewa Wisynu yang bertangan empat dengan memegang lampu, fanka atau siput, qada dan cakra, mengenakan  mahkota Candra Kapala, di samping kiri dan kanan sepasang Dewa Perwara sebagai pengikut Sang Raja, digambarkan sebagai berikut:

Makna Lambang :

  1. Lambang secara keseluruhan menggambarkan corak atau watak dari Universitas Brawijaya.
  2. Jiwa kepeloporan, seperti yang dimiliki oleh Raden Wijaya (Prabu Brawijaya), dilukiskan dengan warna kuning emas, yang bermakna kebijakan dan kejayaan.
  3. Sifat universal, dilukiskan dengan warna biru bersinar.
  4. Menjunjung tinggi falsafah Pancasila, digambarkan dalam bentuk segilima berwarna kuning emas.
  5. Berani membongkar segala sesuatu yang tidak wajar atau tidak benar, digambarkan dalam bentuk mahkota candra kapala.
  6. Penegak tertib hukum, digambarkan dalam bentuk gada.
  7. Berani meratakan segala sesuatu yang dianggap kurang wajar atau kurang benar, digambarkan dalam bentuk senjata cakra.
  8. Segalanya dilakukan dengan kesucian yang disertai pula tugas pemelihara atau pembina sesuai dengan sifat Wisynu, yang dilambangkan dalam bentuk fanka atau siput.
  9. Percaya dan meyakini benar-benar bahwa zat hidup itu ada, yang dilukiskan dalam bentuk lampu.
  10. Dengan demikian lambang tersebut menggambarkan penjiwaan keseluruhan watak Raden Wijaya (Prabu Brawijaya) yang senantiasa dilandasi moral Pancasila.

Logo Universitas Brawijaya

logoub

Makna Logo :

  1. Huruf UB dalam bulatan mengandung makna bahwa Universitas Brawijaya selalu dinamis keberadaannya dalam masyarakat dunia.
  2. Sayap berjumlah tiga buah mengelilingi bulatan dunia menggambarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertaraf internasional.
  3. Warna emas pada huruf dan gambar bermakna Kebijaksanaan dan kejayaan.
  4. Warna biru menggambarkan Universitas Brawijaya bersifat universal.
  5. Bingkai bujur sangkar bermakna Keadilan.

Motto UB : “Building-up Noble Future.”

Penulisan motto menyiratkan makna “membangun kemuliaan masa depan”.

Profil Universitas

Tahun berdiri 1963
Lokasi Jl. Veteran, Malang,
Jawa Timur, Indonesia
65145
85 KM dari kota Surabaya
Rektor Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, M.S.
Fakultas 15 Fakultas
1 Program Pendidikan Vokasi
1 Program Pendidikan Pascasarjana
Program Studi 148 Program Studi
Diploma 3 (D3) : 6
Diploma 4 (D4) : 4
Sarjana (S1) : 65
Magister (S2) : 40
Doktor (S3) : 14
Spesialis 1 (Sp1) : 15
Profesi : 4
Dosen 1.941
Karyawan 1.912
Guru Besar 134
Mahasiswa Total 64.037
Mahasiswa Baru 14.583
Lulusan
10.301
Koordinat 112° 36′ 45.88″ E
7° 57′ 20.00″ S
Elevasi 492 m (di atas permukaan laut)
Luas Area Kampus 2.203.948 m²
Website www.ub.ac.id
Alamat Kontak Telepon: +62 0341-551611
Fax: +62 0341-565420
Email: rektor[at]ub.ac.idSurat:
Universitas Brawijaya
Jl. Veteran, Malang,
Jawa Timur, Indonesia
65145