SBMPTN UGM atau UTUL UGM ?

ujian-masuk-ugm

Helo helo helo

Kebetulan, saat ngecek blog malem ini, aku menemukan sesuatu yang unik di search-term blogku, dimana ternyata ada yang nge-googling dengan kata kunci ‘Pilih UTUL atau SBMPTN UGM’

Hem…. kira-kira pilih yang mana yaaa ?? hehe

Pilih dia aja bisa ngga ??

Eh…. fokus…fokus…

Sebenarnya aku juga ngga bisa dibilang pakar dalam hal ini, namun aku hanya ingin berbagi pengalaman dan sharing-sharing dikit mengenai hal ini karena kebetulan tahun lalu aku mengikuti SBMPTN (dan memilih UGM sebagai tujuanku) dan UTUL UGM.

Maklum… UGM saat itu harga mati. Hehe…

Walau pada akhirnya yang ada dipikiranku bukan lagi ‘UGM harga mati’ melainkan ‘PTN harga mati’

If you know what i mean lah hehehehe

Oke. Kembali ke topik….

Jadi…. Pilih SBMPTN UGM atau UTUL UGM ?

Mana sih yang lebih mudah ? SBMPTN dan milih UGM, atau UTUL UGM ?

Gaada yang lebih mudah,, dua-duanya susaah hiks 😦

Hehe gadeng, bercanda, dua-duanya bakal terasa mudah kok kalo kita rajin belajar 🙂

Aku sharing pengalamanku tahun lalu yaa 🙂

Jadi, tahun lalu itu pas SBMPTN pilihan pertamaku adalah Teknik Industri UGM, Teknik Industri UNS dan Biologi UGM. Sedangkan di UTUL UGM (UTUL 1), aku milih Teknik Industri, Farmasi, dan Biologi.

Bagiku waktu itu, Teknik Industri UGM harga mati, kalo emang gabisa di UGM, setidaknya Teknik Industri di PTN lain deeh (walau pada saat itu aku masih gamau memikirkan kemungkinan bakal ga lolos di TI UGM hehe) sehingga selain UTUL, aku juga ngikutin UM UNDIP, SM UNS, SPMK UB dan Mandiri ITS.

So, ketika kamu emang niat banget masuk TI UGM contohnya, kalo aku pribadi sih mikirnya aku harus mengikuti segala cara buat bisa dapetin TI UGM itu, baik itu lewat SBMPTN maupun UTUL, ga peduli katanya SBM lebih susah, jadi pas milih SBM yang prodinya kira2 lebih mudah aja, biar kalo lolos ada cadangan, atau sebaliknya, karena katanya UTUL lebih mudah, jadi ikut UTUL aja.

Ga ga ga .

Lagian kita gabisa menilai sesuatu hanya dengan modal “katanyaa…”, ” kata temennya”, kata temen temennya…” dan kawan-kawannya.

“kalo kata hatinya boleh ngga ?”

Holoh holoh ;(

Lagian, kita ngga tau kan seberapa besar tepatnya peluang kita ketika milih prodi A di univ B secara pastinya.

Loh, kan ada passing grade ??

Hehe, menurutku kita juga ngga bisa terlalu terpaku passing grade, karena nilai passing grade itu berasal dari data tahun sebelumnya dan belum tentu bisa relevan dengan tahun berikutnya mengingat minat tiap orang beda-beda, tipe soal juga beda dikit dari sebelumnya, dan banyak lagi faktor yang membuat adanya perbedaan minat seseorang terhadap suatu prodi di univ tertentu.

Contohnya, tahun lalu yang minat prodi A di univ X ada 1000-an orang dan passing gradenya adalah 90% (kurang tinggi ya? hehe, gapapa deh kan cuma contoh).

Nah, tahun berikutnya, pendaftar di prodi dan univ tersebut hanya sekitar 100-an karena banyak yang nyerah ketika ngeliat passing grade yang tinggi banget itu, alhasil ? bisa jadi passing gradenya turun, atau kemungkinan lainnya.

So… apa cara pasti agar lolos di prodi dan univ yang kita inginkan ?

Belajar. Belajar. Belajar..

Dan jangan lupa berdoa. beribadah. karena percuma ketika kita berusaha keras namun kita tidak mendekatkan diri pada sang pemutus takdir.

AzeQ. Serasa kayak lagi ngisi kajian wkwk.

Belajar..

Klise memang,. Tapi ya emang gitu. Jujur dulu2 aku tuh terlalu sibuk menganalisis ini itu entah itu peluangku masuk di prodi X, Y, Z di univ A, B, C, sampe-sampe jadi lupa belajar.

Engga lah, bukan lupa belajar, ya mungkin bisa dibilang kurang maksimal.

Kenapa ? Mungkin karena aku TAKUT kali yaa…. hehehehe…

Takut banget malah, serasa bila ngga dapet sesuai yang kuharapkan, aku lebih baik mati aja,,, hehe

Hehe, engga deh, ngga sealay itu, walau ada saat dimana pernah ngerasain yang kaya gitu.

Tapi Alhamdulillah Allah masih memberiku kesempatan untuk merasakan belajar di jurusan yang kuinginkan, walau bukan di Univ yang kuharapkan. Dan kondisiku ?

Alhamdulillah aku ngga stress lalu loncat bunuh diri dari lantai 7 Gbti kok hehehe 🙂

Oh iya, aku cuma mau ngasih kata-kata. Mungkin lebih tepatnya curahan hati. Khususnya buat kamu yang lagi galau bingung milih jurusan dan Univ.

Ketika nantinya kamu lulus di jurusan dan Univ yang kamu harapkan, Selamat ya.  Jangan lupa bersyukur, bersyukur dan bersyukur. Banyak banget orang yang pengen seperti kamu namun ngga kesampean. Jangan terlalu berpuas diri juga, bisa jadi itu anugerah, bisa jadi juga itu sebuah cobaan, cobaan apakah kamu masih tetap memiliki tekad yang kuat ketika Tuhan telah mengabulkan permintaanmu. Itu bukan final, namun masih awal. Karena nantinya di akhirat kamu ga bakal ditanya dimana kamu lulus dan jurusan apa, namun yang ditanya adalah “seberapa banyak kamu memberikan manfaat pada orang lain ?”. Ketika kamu lagi males, bosan, atau sebagainya, ingatlah lagi pada awal dimana kamu berjuang mati-matian untuk mendapatkan apa yang kamu capai saat ini. Masih banyak yang belum beruntung seperti kita. So, janganlah merasa cukup bila itu terkait menunut ilmu, karena ilmu itu semakin dipelajari semakin haus lah kita karena menyadari bahwa banyak sekali ilmu yang belum kita ketahui.

Namun, bila kamu ngga lulus baik itu di Univ yang kamu inginkan maupun di jurusan yang kamu inginkan…. Ambil hikmah dari itu semua. Tuhan tidak memberikan apa yang kamu inginkan, namun Dia memberikan apa yang kamu butuhkan. Boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu buruk bagimu, boleh jadi pula kamu tidak menyukai sesuatu padahal itu baik bagimu. Selalu positif thinking dan besyukur. Sekali lagi, bersyukur, masih banyak yang malah ngga punya kesempatan buat kuliah, kenapa kita yang udah punya kesempatan malah menyianyiakannya begitu saja ?

Betewe sekia deh yaa sharingku pada malam hari ini. Sekali lagi ini hanya pemikiranku, ambil baiknya, dibuang buruknya yaaaa.

Maaf bila ada salah kata. Wassalamualaikum wr wb. 🙂

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “SBMPTN UGM atau UTUL UGM ?

    • setelah ikut UTUL, saya juga ikut mandiri di ITS dan di UB, alhamdulillah di ITS dapet Kimia murni dan di UB dapet Teknik Industri, karena memang pengennya di TI jadi saya ngambil di UB 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s