Contoh Tajuk Rencana

Persiapan Siswa Menghadapi Ujian Nasional Masih Minim

Walaupun Ujian Nasional (UN) hanya tinggal menghitung hari, tidak tampak kesibukan yang begitu berarti pada para pelajar SMA. Menurut survey yang kami lakukan, kebanyakan pelajar mengatakan bahwa persiapannya dalam menghadapai UN masih 50%. Tidak ada perasaan deg-degan ataupun kalut karena waktu UN yang sudah dekat. Mereka mengaku belajar membuatnya semakin pusing dan ia lebih memilih melakukan hal-hal lain seperti menjalankan hobi daripada belajar untuk persiapan UN.

Padahal, koperasi sekolah sudah melakukan berbagai persiapan menghadapi UN bagi para siswanya seperti menjual berbagai buku pemantapan, membagikan buku ‘Detik-detik UN’, dan mengadakan kelas pemantapan. Namun, hal tersebut tidak dapat dijadikan motivasi untuk belajar karena mereka merasa UN bukan penentu kelulusan sehingga mereka tak memiliki semangat untuk menghadapi ujian tahunan ini.

Selain itu, tidak tampak aktivitas yang dilakukan karena inisiatif siswa sendiri seperti belajar bersama dalam mengenai soal-soal Ujian Nasional. Mereka tidak menyadari soal Ujian Nasional lima tahun kebelakang bisa dijadikan acuan untuk soal yang akan datang ini. Hanya 5-10 orang yang memang sadar untuk membahas soal tersebut secara bersama sama.

Memang benar Ujian Nasional bukan penentu kelulusan lagi, tapi apakah sebegitu pasrahnya mereka? Seharusnya guru bisa lebih memotivasi siswanya untuk belajar karena kejenuhan siswa saat belajar pasti ada. Sekolah harus menciptakan lingkungan yang kondusif dan menyenangkan sehingga siswa bersemangat untuk belajar.

Dalam waktu yang semakin sempit ini persiapan siswa sudah selayaknya mencapai 50%. Disini guru sebagai pendidik berperan penting untuk mengingatkan siswa dan memperbaiki kebiasaan buruk mereka sehingga dimasa yang akan datang akan dihasilkan putra-putri harapan bangsa yang berakhlak dan berilmu tinggi.

 

Aaaa : Masalah

Aaaa : Analisis Masalah

Aaaa : Solusi

 

Tugas Membuat Tajuk Rencana

Disusun Oleh : Debby Zalina – Diana Mindy Alodia (XII MIA 4)

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s