Pengalamanku Ikut UTUL 2 UGM

Halo teman-teman,, setelah kemarin aku menceritakan pengalamanku saat mengikuti UTUL UGM dan UM UNDIP, kali ini aku bakal nge-share lagi tentang pengalamanku mengikuti UTUL UGM yang kedua, tepatnya khusus untuk jenjang D3 Sekolah Vokasi UGM.

Penasaran kan ?? Penasaran ?? Pasti dong, secara jarang-jarang ada yang nge-share pengalaman ikuti UTUL 2 ini di internet (berdasarkan penjelajahan yang aku lakukan di internet selama kurang lebih sebulan. duh duh…

Udah ah, daripada aku mulai rada nggak jelas dan rada stress mending langsung ku ceritain aja ya.. ayo siapin posisi yang nyaman saat membaca cerita ini karena cerita ini betul-betul ekslusif dan hanya ada di blog Debby Zalina

(duh… sok banget sih kamu deb..deb..)

Oke, jadi,, begini,,, tanggal 1 Juli 2016, tepatnya ketika si dia datang ngelamar ….. eh … salah ding, maksudnya, ketika aku melihat pengumuman UTUL UGM dimana aku di minta maafi-in sama web UGM karena aku ga lolos seleksi, tanpa pikir panjang aku langsung ngedaftar UTUL 2 UGM untuk Sekolah Vokasinya. Aku pun mengisi data dan memilih program studi D3 Teknik Elektro (pilihan pertama) dan D3 Teknik Mesin (pilihan kedua) tanpa mikir lagi karena aku sudah mempersiapkan dari jauh hari ujian mandiri apa saja yang akan aku ikuti beserta program studinya bila aku nggak lolos SBMPTN.(ceritanya pas ngisi data registrasi itu aku sambil menyabarkan diri sendiri karena masih syok ga lolos SBMPTN dan UTUL hikz kalo kamu pernah ngerasain pasti tau deh gimana sedihnya aku.. s e d i h b a n g e t t t t t t t t t t t t

Oke.jadi singkat cerita setelah melakukan upload dokumen, pembayaran dan cetak kartu ini itu dan tetek bengek lainnya, akhirnya tanggal 16 Juli aku dan bapak pergi ke Yogya naik sepeda motor dari Klaten. Kami pergi jam setengah lima subuh, tepatnya setelah sholat subuh. Di perjalanan aku agak kedinginan dan baru sadar kalo lupa bawa jaket. Dan aku lebih merasa kayak orang bodoh pas ngeliat pengendara motor yang rata-rata make jaket.

Singkat cerita akhirnya aku sampe juga di Yogya pukul enam pagi lewat beberapa menit gitu (bukan lewat di hatinya, hmm), tepatnya di Sekolah Vokasi Ekonomika dan Bisnis UGM yang gedungnya MashaAllah cantik pisaaaannn euy..

Setelah cek ruangan, akhirnya aku pun nunggu di depan ruang ujian sambil main hape, sedikit baca-baca contoh soal utul tahun lalu, sedikit berdzikir, sedikit ngemil, pokoknya apa yang bisa di lakuin deh, sampai pada akhirnya…….

Pada waktu itu aku kan ke toilet tuh. Terus pas depan toilet, aku liat jam dan ternyata 10 menit lagi masuk ruang ujian.. nah disitu aku merenung dan menyadari sesuatu…..

AKU LUPA BAWA SKL

AKU LUPA BAWA SKL PEMIRSAAHH AKU LUPAAAAA AAAAAHHHHKKKK

SURAT KETERANGAN LULUS ITU LHOO!! AKU LUPA BAWAAAAAAAA TIDAAAAKKKK

Abisnya SKL pada UTUL pertama wajib dibawa, tapi pas UTUL kedua ini gaada tulisan wajib bawa SKL di kartu peserta ujiannya sehingga aku ga kepikiran bawa SKL.

Pas masuk ruang ujian, aku langsung ngelapor ke pengawasnya dengan wajah pucat pasi seputih salju di musim ceri (yaelah), bukan dibuat-buat biar pengawanya iba gitu, tapi emang aku orangnya suka cemas gitu…

Akhirnya aku disuruh ngelapor ke bagian sekretariat dan ketemu bapak (gabisa dibilang bapak sih, mungkin lebih tepatnya om karena kayaknya usianya masih 24 an gitu) yang stand-by disana. Setelah menjelaskan alasan kenapa aku gabawa SKL (karena di kartu peserta ga disuruh bawa *hehehe) akhirnya kami pun diperbolehkan kembali ke ruang ujian dan mengerjakan soal. Tapi aku rada denger gitu temannya si bapak bilang kalo masalah kami itu ditulis di berita acara aja.. wuaa aku rada deg-degan gitu, gimana kalo nanti namaku di tulis di berita acara dan akhirnya nilai ujianku ga di proses gara-gara ga bawa SKL ?

Karena itu, aku gak lagi fokus ngerjain soal ujiannya. Aku ngerasa ga ada artinya lagi ngerjain ujian karena mungkin nilaiku gabakal di proses (istilah lainnya, udah jelas banget kayaknya aku ga bakal lolos UTUL kedua ini). Sambil ngerjain soal (yang sebernarnya lebih mudah dibanding UTUL pertama) aku mengingat kembali gimana susahnya bapak yang melawan dinginnya udara subuh di Klaten demi mengantarkanku ke UGM untuk tes. Aku pengen nangis, tapi ga bisa (ya lagian ga lucu kan saat yang lain pada sibuk ngerjain ujian aku malah nangis kayak anak kecil). Akhirnya aku pun melakukan yang terbaik yang kubisa. Semua soal UTUL ku isi, walaupun ada yang gatau, aku isi sembarang aja, udah pokoknya keisi dah…

Setelah UTUL, aku hanya berharap semoga Allah memberikan padaku jalan Nya yang terbaik, walau mungkin bukan di UGM.

Ininya aku udah pasrah sepasrah-pasrahnya umat bahwa aku ga lolos UTUL kedua UGM ini karena aku gabawa SKL.

Pengumuman

Seminggu setelah UTUL, pengumuman pun datang juga. Pas jam 8 malam, aku udah mantengin web UM UGM walau aku udah yakin web UM UGM bakal minta maaf lagi sama aku karena ga lolos UTUL. Aku udah pasrah. Aku liat pengumuman semata-mata biar aku ga lagi resah dan bisa tidur nyenyak udah itu aja.

Aku pun mencoba login, setelah beberapa kali gagal akhirnya bisa login juga. Aku pun ngeklik tombol pengumuman dan membaca basmallah.

LOLOS UTUL II

Ketika ngeliat ada beberapa ikon warna warni, aku baru sadar kalo ternyata aku lolos UTUL. Aku langsung teriak “BAPAAAAAAKKKKKKK” sampe orang satu rumah pada bingung dan heboh, ada yang ngirain aku malah kesurupan. Bapakku pun datang dan juga ikut senang karena aku lolos. Di ujung kepasrahan dan keputusasaanku, aku bersyukur ternyata aku lolos. Aku pun membatin “ternyata gini ya rasa senang karena lolos UTUL UGM”

Padahal aku udah pasrah banget dan yakin ga lolos, ternyata Allah menghapus semua kecemasanku dan memberiku hadiah ini. Setelah merenung, aku miris juga mengingat ketika Pengumuman SBMPTN dan UTUL pertama dulu, aku optimis setidaknya ada salah satu yang lolos. Eh, gataunya dua duanya malah ga lolos. Ketika pengumuman UTUL kedua ini, aku udah pasrah dan yakin bakal ga lolos, eh gataunya malah lolos.

Disini aku belajar, bahwa ketika Tuhan berkata “Terjadilah,” maka Terjadi. Disini aku belajar bahwa terkadang yang kita perlu lakukan hanyalah berserah diri pada Allah dan siap menerima apapun hasil yang akan Ia berikan. Yang pasti, Allah memberikan kita apa yang kita butuhkan walaupun bukan yang kita inginkan.

Semoga bermanfaat !!!

Masihkah Kau Ingat Padaku ?

Masihkah kau ingat padaku ?
si bocah kecil yang selalu memandangmu bingung
yang diam-diam memperhatikanmu tanpa kau tahu
yang diam-diam mengagumimu lewat foto zaman dulu

Masihkah kau ingat padaku ?
Si bocah jelek yang selalu gugup di depanmu
namun selalu memuja di belakangmu
yang selalu acuh di depanmu
namun selalu rindu di belakangmu
diam-diam mencintaimu
tak berhenti membayangkanmu

Masihkah kau ingat padaku ?
si bocah kecil nan jelek, pun sampai saat ini
walau mungkin kau kan lupa pada bocah itu
bocah itu takkan pernah melupakanmu
karena kau telah menjadi
kepingan hati yang menguatkan
menguatkan hatinya
menguatkan langkahnya
menguatkan jiwanya
walau kau takkan mungkin ingat padanya

Klaten, 11 Juli 2016

NB : Ini bukan curhatan dari lubuk hatiku yang terdalam kok. Jangan dibawa serius yaaa, hehe. Hanya sekedar berperan jadi ‘anak galaw’ biar lebih mudah menjiwai puisinya haha

Betapa Hancur Hatiku

Betapa hancur hatiku
melihatmu yang galau memikirkan orang lain
dikala ku sendiri sibuk memikirkan dirimu

betapa hancur hatiku
melihatmu senyummu yang manis itu
senyummu karena bahagia bersama orang lain
dikala aku berangan tuk jadi alasanmu tersenyum

betapa hancur hatiku
melihatmu bersedih karena ditolak orang lain
dikala aku bersedih akan kasihku padamu
kasihku yang bertepuk sebelah tangan

betapa hancur hatiku
ah…sudahlah
mau hancur seperti apapun
kau toh takkan peduli

Klaten, 12 Juli 2016

NB : Ini bukan curhatan hati atau semacamnya, hanya sekedar nulis ala anak-anak galau biar sekali-sekali ngerasain gimana rasanya ‘galau’, sekalian nepatin jadwal posting blog hehehe

Jadwal Postingan Blog Debby Zalina

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh !!

Helooo helooo hellooo teman-teman semua yang sudah rindu banget sama postingan-postingan keren di blog Debby Zalinaa….

Yaelah Deb, narsis banget. Ini blog juga masih baru. Belum ada sebulanan..

NAAHHH !!!!

Karena masih baru itu… makanya kali ini aku akan nge-share jadwal postingan blog Debby Zalina agar blog ini makin keren, cetar dan membahana mengalahkan cetarnya Syahrini, walau sebenarnya blog ini emang udah cetar karena pemiliknya juga cetar bukan main.

Yah.. debby kan… narsis lagi 😦

Baiklah, kali ini serius, anggap aja yang tadi itu sekedar kata pengantar atau mukadimah atau intermezzo atau apalah istilahnya. Setidaknya biar para viewer blog Debby Zalina yang mungkin baca postingan ini sambil makan nggak langsung muntah-muntah kalo aku langsung bicara ke intinya, yah , maklum, aku sih kalo udah bicara ke intinya, seriusnya bukan main. Sampe-sampe ayam tetangga pingsan mendadak karena salah tingkah liat aku yang serius. Abis, kalo aku lagi serius itu….

OKE ! OKE ! PEACE KALI INI SERIUS

Baiklah, tadi udah kata pengantar, selanjutnya aku bakal memaparkan latar belakang dibuatnya jadwal postingan blog Debby Zalina ini agar viewers bisa memahami alasan dibuatnya jadwal postingan ini,,, karena, yaahh, emang lebih mudah memahami postingan ini daripada memahami isi hatinya si dia… #(*@&!*(!$*(!&$

Baiklah, jadi latar belakangnya bisa aku ringkas menjadi poin-poin penting seperti dibawah ini (maklum, aku mah orangnya sederhana, ga suka muluk-muluk, sama ketika lagi sayang sama tetangga…. eh,,,, kucing tetangga maksudnya) :

  1. Agar blog ini sedikit lebih berisi. Kan ga lucu kalo postingannya dikit, ntar yang ada blog ini sepi. Terus ujung-ujungnya terjadi sebuah kesepian yang nyata. Karena aku udah pernah merasakan gimana rasanya kesepian, jadi cukup aku aja yang merasakan itu, blog-ku ga boleh. Ntar kalo kami sama-sama kesepian, yang ada kami saling menyepikan deh 😦 (uwowoualah ngomong opo tho deb -__-)
  2. Agar pengunjung blog ini rame. Jujur kalo pengunjung blog itu rame rasanya senang banget karena aku juga pernah merasakan hal itu saat website-ku yang dulu belum mati dengan sendirinya gara-gara biaya bulanannya nggak dibayar. Apalagi saat itu banyak yang komen postinganku, (apalagi postinganku berjudul ‘Macam-macam Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah’,, uwalah, banyak yang mengira aku adalah seorang dokter dan mereka pun menanyakan solusi atas keluhan mereka, padahal aku buat postingan itu hanya sekedar nge-share tugas kelompok biologi pas kelas VIII SMP dulu…hehe).
  3. Untuk melatih kemampuanku menulis. Maklum, walau sebenarnya aku udah pinter nulis (sombong mode on), apalagi menulis cinta kita di lagit yang biru alangkah indahmu, aku juga harus mengasah terus kemampuanku ini agar kemampuanku ini meningkat (nggak stagnan aja kayak kisah cinta kita).
  4. Berbagi pengalaman. Yaps, simpel aja, berbagi pengalaman. Walau mungkin gaada yang mau dengerin pengalamanku, setidaknya di blog ini aku bisa bernostalgia sendirian atas pengalaman-pengalamanku di zaman purbakala dulu. Dengan begitu  aku bisa memetik hikmah atas pengalamanku itu (memetik hikmah ya, bukan memetik cinta). Pepatah mengatakan, pengalaman adalah guru yang terbaik, kan ?
  5. Berbagi cinta. IYA Berbagi Cinta ! Aduh,, kamu,,, jangan salting gitu ah. Gini-gini mah aku suka menebar cinta kepada sesama. Contoh kecilnya aja ketika mungkin kamu terhibur dengan postinganku, setidaknya aku bisa memberikan sedikit kebahagian kepadamu walaupun kebahagiaan itu tidak kekal. Kalo kamu sering-sering baca potinganku dan kamu makin terhibur, secara tidak langsung kamu sudah sedikit terbahagiakan olehku, itu artinya kita sama-sama saling membahagiakan bukan ? Bukankah saling membahagiakan itu indah ? 🙂 (astaghfirullah, jujur, kenapa aneh gini ya,, maklum ya teman, penyakit gombalku lagi kambuh, bukan karena keseringan gombalin orang-orang, namun karena gaada yang bisa digombalin, sampe-sampe blog sendiri yang akhirnya kena sasaran gombal. maaf ya friendss.. maafff)
  6. Menambah wawasan para pembaca dan stalker blog Debby Zalina agar tercipta para pembaca dan stalker blog Debby Zalina yang cerdas, terampil dan bersahaja
  7. Menambah limbah di dunia internet, tapi inshaAllah limbahnya bermanfaat kok (if you know what i mean lah)
  8. Mengisi waktu luang ato kasarnya : menambah-nambah kerjaan biar keliatan sibuk gitu di depan laptop.
  9. Ah, udahlah ya kepanjangan nih, gimana bisa masuk ke bab pembahasan kalo latar belakang aja belum kelar ? -_-

Baiklah, setelah saya memaparkan latar belakang yang lumayan panjang walau tak sepanjang kisah cinta saya dan dia dimasa lalu, saya akan lanjut ke bab PEMBAHASAN (jangan tanya kenapa gaada rumusan masalah, hipostesis, landasan  teori dan tetek bengek lainnya karena kalo mereka semua muncul nih postingan ga bakal kelar-kelar sampe besok shubuh, mohon maklumi berbie yang energinya terbatas 😦 )

Baiklah, dengan mengucapkan Bismillahirrahamirrahim,, Saya, yang bernama Debby Zalina (yaiyalah, masak Maudy Ayunda) dengan ini akan merilis Jadwal Resmi Postingan Blog Debby Zalina…..ha….ha…..ha….ha….

(AYO TEPUK TANGAN DULU )

JADWAL POSTINGAN BLOG DEBBY ZALINA

Masa Permanen 11 Juli 2016 – 11 Agustus 2016

SENIN

Rubrik ‘My Friends’ : Isinya tentang ceritaku mengenai teman-temanku yang pastinya keren-keren dan kece-kece walau gak sekeren dan sekece aku sendiri…Eh, nggak juga sih, rata-rata malah lebih keren dan kece daripada aku ;( *nangis di pojokan

SELASA

Rubrik ‘Pengalaman SMA’ : Bukan karena masa SMA-ku adalah masa paling indah dalam hidupku. Ini hanya semata-mata untuk mengenang bahwa banyak juga pelajaran yang bisa kudapat di bangku SMA.

RABU

Rubrik ‘Pengalaman SMP’ : Sama seperti Rubrik ‘Pengalaman SMA’. Intinya aku mau menggali lagi ingatanku di masa SMP minimal agar neuron-neuron dalam otakku sedikit bekerja untuk mengingat masa lalu yang indah apalagi saat dia ada disisi. #halah

KAMIS

Rubrik ‘Pengalaman SD’ : kalo ini mah semata-mata biar adil aja, masak masa SMA dan SMP diingat, terus masa-masa SD dilupakan ? apalagi masa-masa SD ku ga begitu norak kayak  masa-masa SD “sebagian” anak zaman sekarang. Kalo postingannya udah banyak, kan syukur-syukur bisa nerbitin novel yang judulnya ‘Laskar Cinta’ / ‘Laskar Awan’ / ‘Laskar Hujan’ terserah ae deh

JUMAT

Rubrik ‘Karya Sastra : Cerita Bersambung dan Puisi’

Yah. Gitu deh. Gini gini mah aku punya jiwa puitis melankolis romatis gitu sis…

SABTU

Rubrik ‘English Zone’

Pokoknya berbau bahasa inggris gitu lah. Hitung-hitung sebagai bentuk tindakan represif dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean gitu lah pokoknya

MINGGU

LOMBA

Hari minggu adalah hari dimana aku bakal nge-share lomba-lomba yang aku ikuti.

Itung-itung biar keliatan berprestasi dikit… Dikit aja #sombongmodeonlagi

Nah, semua rubrik ini akan aku terbitkan dalam sebuah kategori, jadi temen-temen ga perlu buka blogku tiap hari, cukup cari aja kategori dengan judul seperti rubrik-rubrik di atas.

Setelah buat jadwal ini, entah kenapa aku bingung apakah aku bisa ngerjain postingan sesuai jadwal dengan tepat waktu tanpa ngaret-ngaret dan nunda. Yaudah deh doain aja ya moga Hayati bisa menjalankan komitmen Hayati ini dengan baik..

Salam dari Debby ‘Hayati’ Zalina

kok tiba-tiba ‘Hayati’ muncu sih ? haha. Pusing deh pala Hayati

Klaten, 11 Juli 2016, Pukul 22.04 WIB

 

 

 

 

Deklarasi Ketegaran Hati

Catatan ini ku buat tanggal 1 Juli, 3 hari setelah pengumuman SBMPTN dimana aku dinyatakan TIDAK LOLOS, dan tepat hari itu juga pengumuman UTUL UGM dimana aku juga dinyatakan TIDAK LOLOS.

Catatan ini ku buat agar aku pribadi tidak terlalu meratapi kegagalan, sekaligus mengingatkan kembali diriku untuk menjadi hamba-Nya yang selalu bersyukur, walau dalam keadaan susah sekalipun.

Untuk teman-teman yang ga lolos SBMPTN dan Ujian Mandiri lainnya, jangan bersedih hati ya. Semoga catatan ini dapat membantu

DEKLARASI KETEGARAN HATI

Oleh Debby Zalina

79d577919a1ba609427ae3447ed9b9b0

Aku harus kuat, apapun yang terjadi nanti

Aku harus sabar, apapun hasilnya nanti

Aku harus bersyukur, apa yang kudapatkan nanti

Mungkin jalanku memang tak selancar teman-temanku

Mungkin jalanku memang tak semudah teman-temanku

Namun ku tahu, ini semua pelajaran dati Tuhan

Bukan karena aku hamba-Nya yang hina,

Namun karena aku adalah hamba-Nya yang ingin Ia kuatkan

Tuhan ingin melihatku berusaha lebih keras lagi

Bukan karena usahaku belum maksimal

Namun karena Dia memang suka melihatku berusaha

Tuhan ingin mendengar doaku lebih lama lagi

Bukan karena selama ini aku doaku belum cukup

Namun karena Dia sayang pada hambanya yang selalu memohon dan berdoa kepadaNya

Baik dalam keadaan senang, maupun susah.

Tuhan ingin aku mengambil pelajaran

Dari apa yang diberikannya kepadaku

Bahwa apa yang kurasa baik, belum tentu juga baik dihadapan-Nya

Apapun yang Dia berikan nanti, itulah yang terbaik bagiku

karena Dia tak pernah ingin menyengsarakan hamba-Nya

karena Dia tak pernah ingin menyusahkan hamba-Nya

karena Dia ingin hamba-Nya mengambil pelajaran

Bukankah dia telah menjanjikan,

Bahwa di setiap kesulitan pasti ada kemudahan

Lantas untuk apa aku meragu ?

Ini bukanlah laknat, melainkan ujian.

Ya, Ujian untuk mengujiku.

Apakah setelah ini aku masih akan rajin beribadah kepada-Nya?

Apakah setelah ini aku masih akan rajin berdoa pada-Nya?

Apakah setelah ini aku masih akan rajin bersujud pada-Nya?

Apakah setelah ini aku masih akan rajin beramal di jalan-Nya?

Tuhan ingin mengujiku, seberapa kuat imanku menghadapi Ujian dari – Nya

Bukan karena ia murka.

Namun karena ia ingin meningkatkan keimananku.

Untuk menjadi hamba-Nya yang lebih baik lagi


 

Sekian hehe

 

Ketika apa yang kita inginkan tidak terwujud, percayalah, Allah telah siapan sesuatu yang lebih baik untuk kita. Kita hanya harus percaya, terus berikhtiar, dan selalu berdoa kepada-Nya..

 

Semoga kita dapat mencapai kesuksesan kita masing-masing 🙂