Nikmat Waktu Luang

“Ada dua kenikmatan yang dilalaikan oleh kebanyakan  orang,

yaitu kesehatan dan waktu kosong.”

(Bukhari)

            Bicara tentang nikmat yang Allah berikan kepada kita, bagaikan menghitung butiran air di dalam lautan, banyak sekali. Setiap nafas yang kita hembuskan, setiap detik, menit dan jam yang kita lewati, setiap peristiwa yang kita alami, sesungguhnya dipenuhi dengan kenikmatan-kenikmatan yang ia berikan. Terkadang manusia tak sadar akan hal itu.

Hai teman, pernahkah kau sadari kenikmatan yang Allah berikan itu antara lain adalah kesehatan dan waktu luang?. Ya, saya yakin kita semua pasti menyadari akan hal itu. Ya, hanya sadar, termasuk pun saya.

Kesehatan. Bicara tentang kesehatan, pernahkan kau mengidap suatu penyakit, lalu engkau mengaduh dan berdoa kepada Tuhanmu agar disembuhkan oleh penyakit tersebut?. Ya, saya rasa hampir semua dari kita pernah melakukannya. Namun, pernahkah kita berdoa meminta kesehatan untuk diri kita sendiri di saat diri kita tak terkena suatu penyakit apa pun?. Mungkin hanya sebagian saja dari kita yang memohon kepada Allah atas hal tersebut. Intinya, kita hanya berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah hanya ketika kita tertimpa suatu musibah, namun melupakannya saat kita di limpahkan banyak kenikmatan yang justru mengalir dari tangan rezeki-Nya.

Waktu luang. Bicara tentang waktu luang, mari kita renungkan sejenak, kita kemanakan waktu luang yang ada dalam hidup kita selama ini? Apakah waktu tersebut kita gunakan untuk berjalan-jalan di mall, berkeliling ke lantai atas sampai lantai bawah, ‘cuci matalihat ini itu, atau kita habiskan waktu tersebut untuk mendekatkan diri kepada Allah, berdzikir, berdoa, dan melakukan segala kegiatan yang bertujuan mendekatkan hati dan pikiran kita kepadanya. Renungkanlah teman, hidup kita hanya sekali di dunia ini. Maka akan lebih baik bagi kita untuk mempergunakan hidup yang singkat ini sebaik-baiknya untuk bekal diakhirat nanti J

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s